29 Juni 2009

Menentukan Diameter Pulley

Sebuah pengalaman pribadi yang takkan pernah aku lupakan, ternyata aku benar-benar oon, pengetahuanku cetek banget. Memang sih pengalaman ini bukan 100% salahku, ceritanya begini aku adalah lulusan STM jurusan listrik dan bekerja jadi tukang listrik aku dimintai bantuan temanku yang sama-sama kerja jadi tukang listrik buat ngrakit panel star-delta untuk motor listrik 3 fasa 15 PK, yang digunakan untuk pengerak BANDSAW, tahu bandsaw nga…?, ditempatku bandsaw atau juga dinamakan gergaji selendang adalah mesin gergaji yang digunakan untuk membelah batang pohon menjadi balok kayu.

Dahulu kala saat BBM murah bandsaw ini digerakkan oleh mesin diesel tetapi setelah BBM merangkak naik pengusaha pengergajian kayu menganti solar dengan IREX (campuran minyak tanah dan sedikit oli) resikonya mesin diesel jadi panas dan kadang-kadang juga beresiko ditangkap polisi.

eee….ternyata minyak tanah naik juga, nah dari pada pusing pakai diesel juragan kayu beralih mengunakan tenaga listrik …… ini dia rejeki ku….. akhhirnyaaa… setelah mengendap bertahun-tahun diotakku yang memang agak dodol pelajaran kontrol motor listrik 3 fasa waktu sekolah di STM berguna juga, setelah aku rakit dan aku konek ke motor listrik 3 fasa tanpa dihubungkan dengan gergaji, motor listrik 3 fasa berputar normal sukses….. bayanganku cair nih honor, lumayan bisa buat karaoke atau dugem.…he he he …

Lha… dilalah setelah motor listrik 3 fasa dihubungkan dengan gergaji bandsaw putaran gergaji jadi tidak normal suaranya mengerikan uwing, uwing, uwing kaya suara pesawat TNI yang udah uzur…………. Lama lama duzzz motor pun kebakar, juragan kayu marah marah aku gak jadi dapat honor, batal gak jadi dugem… kepalaku rasanya mau pecah , pusing…. cenut cenut (keluar bintangnya Thuing *******) kaya habis minum 2 botol vodka campur bir ditambah buavita rasa lechee hik seger….. apa yang salah dengan rakitanku?.... weh kalo udah pusing kaya gini ada cewek bahenol sexy montok bahkan ABG telanjang kira kira apa masih punya gairah ya, yang jelas aku pasti lari, lari mendekat he xxx ….

Terpaksa aku cari bantuan ke tukang gulung dinamo sama tukang gulung dynamo, motor diraba di putar tapi gak dijilat terus dia tersenyum dan berkata kontrol motornya udah betul , yang salah perbandingan puli nya…, apaan itu perbandingan puli terus gimana ngitungnya?, aku nanya sama pak tukang dinamo nggak dikasih tahu, rahasia perusahaan katanya… ( weh takut disaingi ki pak tukang ).., setelah motor listrik 3 fasa direwinding atau istilah kerennya digulung ulang dan puli nya disesuaikan, gergaji selendang dapat beroperasi dengan normal, akhirnya dapat honor juga aku , meski gak jadi karaoke karena uangnya habis aku kasbon buat beli pulsa ama obat sakit kepala…., tapi lumayanlah masih bisa buat nyete.. nongkrong bareng minum kopi sambil ngobrol dan ngrokok ( lain kali aku ceritain asyiknya nyete.. lebih asyik lagi kalo ngopinya gratis.. ditambah rokoknya juga gratis he xxx …).

Lain hari aku dapat job ngrakit panel Kontrol motor listrik 3 fasa buat pengilingan padi, aku masih penasaran sama yang namanya si puli, cari info aku nanya ama mekanik yang rakit peralatan pengilingan padi, bagaimana menghitung perbandingan puli agar kecepatannya sesuai dengan yang diinginkan sama mas mekanik aku dikasih rumus, rumusnya cukup sederhana yaitu:

“Rpm yang digerakkan sama dengan Rpm pengerak kali puli pengerak dibagi puli yang digerakkan”

setelah aku utak atik dan ditambah baca buku (hasil download di internet judulnya electrical installation calculation by A.J.Watkins and C.Kitcher),

sekarang aku tahu cara menghitung perbandingan pulley, rumus dasarnya adalah:

n1 = D2

n2 D1

n1 : rpm motor pengerak

n2 : rpm mesin yang digerakkan

D1 : Diameter Puli motor Pengerak

D2 : Diameter Puli mesin yang digerakkan



Contoh:

Sebuah motor dengan puli berdiameter 16 cm mempunyai kecepatan 1440 rpm dihubungkan melalui belt dengan sebuah mesin gergaji, berapa diameter puli mesin gergaji bila kecepatan normal mesin gergaji adalah 768 rpm?.

Jawab.


Jadi diameter puli mesin gergaji adalah 30 cm

Wah ternyata sederhana banget ya….

Mudah-mudahan rumusku ini tidak salah, bagi para tukang insinyur kalau rumusku salah tolong dibetulin ya…, maklum aku cuma lulusan STM jangan di biarin nanti bisa menyesatkan.

Semoga tulisan ini bermanfaat

















15 komentar:

  1. pengalaman yang berharga mas,meski enyut-enyutan dulu kepala...tapi ada jalan setelahnya kan ?? hehehe..

    BalasHapus
  2. sebernya itu cuma hasil perbandingan aja mas , berarti perbandingan diameter 1 sama 2 itu 1:1,875 . coba itung aja klo diameter 1 yaitu 16cm di kali 1,875 di dapet hasil 30.

    karena pada sistem perencaan mesin khususnya, dia butuh tenaga 768 aja, jadi dia bikin dari mesin 1pk = 1440 rpm di ubah jadi 768 maka didapat hasil 1,875 sebagai perbandingannya.

    untuk diameter ya tinggal di kalikan aja sama hasil perbandingan tadi, klo dia pake 16 ya tinggal kaliin aja. :D *CMIIW

    BalasHapus
  3. infonya bagus banget...
    sekarang aku lagi merencanakan penggilingan padi dengan penggerak motor listrik
    tapi aku kesulitan nemuin orang yang ngerti panel kontrol
    mas dwi bisa ga ngirim rangkaian kontrol panelnya
    dan apa aja yang harus saya beli untuk kontrol tersebut
    sebelumnya trima kasih ilmu perbandingan pully-nya
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. email andrizamzani1@gmail.com

      Hapus
  4. Saya berencana bikin generator nobbm 7_10kw.Bila tak keberatan saya mohon petunjuk2nya.

    BalasHapus
  5. Gan pully diesel 130mm dan generator 140mm ɑɑpPªª? Boleh

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh dan itu bagus karena ketika generator mengangkat beban berat(listrik nya di pakai watt tinggi dan mendadak) diesel nya gak keberatan

      Hapus
  6. mas saya punya dinamo 2900 rpm,berapa diameter puley penggerak dan mesin yg d gerakan menjadi 300rpm?trim's

    BalasHapus
  7. Mas saya mau nanya untuk nentuin rpm kompresor itu bagaimana ?

    BalasHapus
  8. Saya punya motor listrik 5 hp tpi saya butuh tenaga 10 hp..berapa perbandingan pulleynya gan?tlg bantuanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti perbandingan 1:2, pulley pada motor lebih kecil dari pulley beban. kalau pada motor pulleynya 10 cm maka di beban pulleynya 20cm, kecepatan berubah tapi tenaga bertambah

      Hapus
  9. Terima kasih min, jadi tau deh cara hitung pulley...

    BalasHapus
  10. Kalau kita mau cari N2 rumusnya gimana ya
    mohon bantuannya n cc ke email budijantosalim@gmail.com ya

    BalasHapus