19 Juni 2009

TIPS MEMPEROLEH SERTIFIKAT LAIK OPERASI (SLO)

TIPS MEMPEROLEH SERTIFIKAT LAIK OPERASI (SLO)

Sebagai seorang tukang listrik saya sangat prihatin dengan kejadian kebakaran yang diakibat oleh instalasi listrik yang tidak memenuhi standar. Konsumen listrik pada umumnya tidak menyadari akan bahaya listrik, pemasangan instalasi listrik diserahkan kepada pekerja yang pengetahuan tentang kelistrikannya terbatas, hanya tahu bahwa instalasi listrik terdiri dari dua kabel plus(+) dan min (-) tidak mengetahui tentang standar instalasi yang berlaku. Hal ini dilakukan konsumen listrik dengan harapan menekan biaya semurah mungkin “pokoke nyala”, mereka berpendapat memasang instalasi listrik melalui kontraktor atau instalatir mahal. Saya mengakui memang tidak sedikit teman – teman tukang listrik yang sering “membodohi” konsumen listrik, tetapi banyak juga teman – teman tukang listrik yang bekerja professional, harga disesuaikan dengan spesifikasi peralatan, keindahan, keandalan dan tingkat kesulitan pemasangan instalasi listrik, oleh karena itu konsumen listrik jangan alergi kepada Instalatir, hubungi Instalatir listrik terdekat apabila ingin memasang, menambah atau merubah Instalasi listrik

Saat ini setiap Instalasi Listrik, baik rumah,kantor,sekolahan dll, sebelum disambung dengan jaringan PLN diwajibkan memiliki Sertifikat Laik Operasi (SLO), SLO ini dikeluarkan oleh KONSUIL, sebelum diterbitkan SLO petugas pemeriksa dari konsuil akan memeriksa dan menguji kelayakan instalasi, oleh karena itu daripada instalasi listrik yang terlanjur dipasang dinyatakan tidak laik operasi lebih baik menyerahkan pekerjaan pemasangan instalasi listrik kepada instalatir listrik yang benar-benar professional.

Prinsip dasar yang digunakan sebagai pertimbangan dalam pemasangan suatu instalasi listrik paling tidak adalah memenuhi 5K+E (Keamanan, Keandalan, ketersediaan, Ketercapaian, Keindahan dan Ekonomis)

  • Keamanan, instalasi harus dibuat sedemikian rupa, sehingga tidak menimbulkan kecelakaan, dalam hal ini tidak membahayakan jiwa manusia, peralatan dan benda benda disekitarnya dari kerusakan akibat gangguan listik, seperti hubung singkat, tegangan lebih dll.
  • Keandalan, atau kelangsungan kerja dalam menyuplai tenaga listrik ke beban harus terjamin dengan baik. Terputusnya aliran listrik akibat gangguan atau pemeliharaan dapat diminimalkan.
  • Ketersediaan, artinya kesiapan suatu instalasi dalam melayani kebutuhan pemakaian listrik.
  • Ketercapaian , penempatan peralatan instalasi listrik relatuf mudah terjangkau dalam pengoperasian dan tidak rumit
  • Keindahan, pemasangan peralatan instalasi dapat terlihat rapi dan indah.
  • Ekonomis, instalasi listrik harus tepat sesuai kebutuhan dengan menggunakan peralatan dan bahan seminim mungkin tetapi tidak menyalahi peraturan yang berlaku.

Berikut ini adalah beberapa tip agar instalasi listrik dinyatakan lulus / laik operasi oleh KONSUIL:

  1. Pergunakan kabel Vudeng (dari kwh ke input fuse box / sekering) dengan ukuran kabel minimal 3 x 4mm (untuk daya listrik 3500VA kebawah)
  2. Pergunakan kabel untuk lampu NYM/NYA 2 x 1,5mm dengan ukuran sesuai standar SNI/SPLN /LMK bukan kabel banci.
  3. Pergunakan kabel NYM/NYA 3 x 2,5mm dengan ukuran sesuai standar SNI/SPLN /LMK output sekering dan kabel line ke KKB (stopkontak) .
  4. Gunakan Kabel berisolasi warna Hitam, Merah atau Kuning untuk penghantar fasa(+), berisolasi warna biru untuk penghantar netral / nol (-) dan berwarna kuning kombinasi hijau (loreng) untuk penghantar pengaman / ground / arde.
  5. Kabel NYM atau Pipa instalasi harus diklem dengan rapi agar indah dipandang.
  6. Semua percabangan atau sambungan harus ada dalam kotak sambung / T dus dan diisolasi dengan baik.
  7. Untuk Pembumian gunakan batang tembaga (GroundRod) berdiameter minimal 16mm dan ditancapkan ketanah sedalam 3 M.
  8. Gunakan kawat tembaga telanjang berpenampang minimal 6mm untuk penghantar pembumian, kawat tembaga ini dipasang sejajar dengan kabel vudeng (pada saat pemasangan kwh kawat ini akan dikopel dengan kabel vudeng yang berwarna kuning loreng)
  9. Gunakan kabel jenis NYA berwarna merah, kuning atau hitam yang dimasukkan didalam pipa untuk kabel input ataupun output pada saklar.
  10. Perhatikan polaritas pada saat pemasangan Fiting dan KKB(stopkontak), untuk pemasangan fiting fasanya harus berada ditengah sehingga netralnya berada pada ulir fiting, sedangkan untuk pemasangan KKB, kutub fasa harus berada disebelah kanan(lurus dengan tangan kiri kita).
  11. Pasang KKB dengan tinggi minimal 125 cm dari lantai, apabila pemasangan KKB tingginya kurang dari 125 cm pergunakan KKB berjenis tertutup.
  12. Gunakan peralatan listrik yang bertanda SNI, jangan asal..........................

Semoga bermanfaat

25 komentar:

  1. beli arde 3m dimana euy... konsuil surveyer disitu pake acara sogok2an bambu gak?

    BalasHapus
  2. saya pasang polaritas fase di stop kontak kok disalahin ya..padahal dah bener : kiri-Netral(kabel biru), tengah-Ground(kabel kuning strip hijau)-Kanan-Fase(kabel hitam)...
    trus kabel Grounding saya pasang di MCB Box, pipa langsung kebawah/ke tanah dan dialurkan keluar dan ditanam kedalam pipa besi 1/2" sedalam 6meter..
    Apa KONSUILnya ngaco ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dilihat dr segi mana berhadapan apa membelakangi ,masangnya stop kontok bro....yg jelas.soalnya tiap orang persepsinya lain.

      Hapus
  3. maaf gan baru sempat tenggok rumah, arde 3m beli diKahael ada tapi kalo kesulitan mending beli yang 1,5 M aja, wah ditempatku acara sogok2an ga ada gan, pengalaman temanku surveyernya habis disogok tetep diTLO he he he....

    BalasHapus
  4. untuk mendapatkan sertifikat SLO mengapa harus selalu instalasinya di pasang oleh instalatir dari CV. padahalkan itu bisa di pasang sendiri??

    BalasHapus
  5. met pagi,mau tanya untuk mendapatkan SLO kira2 biayanya berapa yaa...?(harga standarnya). soalnya di wilayahku harga SLO sampai 500rb.terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kala terima beres daya maksimal 1300 saya hanya dpt 400 rb, hub pin bb 7418E015

      Hapus
  6. kalau di jakarta dimana tempat untuk dapat sertifikat slo

    BalasHapus
  7. kalo mau beli peralatan listrik disini aja gan.. Http://www.rajalistrik.com
    jual beli online terpercaya.

    BalasHapus
  8. jasa pemasangan listrik baru di kota wangon, purwokerto hubungi mahtum 085235470754
    murah...dan cepat nyala
    bagi yang mau buka loket pembayaran online bisa masuk ke sini www.ahwazgroup.com

    BalasHapus
  9. ada tukang listrik di sulawesi barat ga yah?

    BalasHapus
  10. pasang kabel listrik aja harus pake aturan warna ada di kiri ato kanan , apakah memang ada aturan gitu, kalo kita pasang listrik pakai kabel twist yg warnanya hitam semua gimana tuh? , menurut aku pasang listrik supaya ngak kebakaran 1. cari orang yg benar2 ngerti seluk beluknya listrik, misalnya besar kebel sebaiknya pakai kabel ukuran minimal 3 X lebih besar dari arus yg dilaluinya, 2. lihat isolasi kabelnya apakah ber SNI. paling bagus kalo bisa dapat kabel yg isolasinya kalo di bakar tidak menyala hanya ciut saja.waktu dipakai coba rasakan apakah kebelnya hangat2 , itu berarti kabelnya kurang besar.

    BalasHapus
  11. Jasa pasang listrik baru, instalasi, perbaikan, dlluntuk area malang. hubungi saja karya teknik unggul murah dan cepat prosesnya ni nomer tlpny; 03415432009/085755966009 atao pin BBM 7418E015 di jamin puas dan gak ada biaya lain-lain lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain pasang listrik apakah melayani pembuatan generator nobbm.

      Hapus
  12. Jasa pasang listrik baru, instalasi, perbaikan, dll untuk area malang. hubungi saja karya teknik unggul murah dan cepat prosesnya ni nomer tlpny; 03415432009/085755966009 atao pin BBM 7418E015 di jamin puas dan gak ada biaya lain-lain lagi

    BalasHapus
  13. Benar Bro. Instalasi listrik hnya boleh di pasang oleh Ahli nya. Karena Hasilnya lbh Memuaskan. Untuk Pasang Sambungan Baru dan Instalasi Listrik Baru, serta Gangguan Kelistrikan Saudara, Call 082124080794 / 083870373694. Pin BB 752F89BE. Area PLN DKI Jakarta. Jawa barat dan Banten.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas brow..permisi numpang tanya.Klo generator ber380v apakah bisa digunakan untuk mengaliri elektronik ber220v. Bagaimana solusinya. Maturnuhun

      Hapus
  14. butuh jasa listrik ,,, hub saya 081398870450 ,,,, wilayah jakarta ,,, bapak udin

    BalasHapus
  15. butuh jasa listrik ,,, hub saya 081398870450 ,,,, wilayah jakarta ,,, bapak udin

    BalasHapus
  16. Kalo kalangan menengah engga, ke bawah deket mah berat biaya ke pln+slo,cukup muahal, kalo bisa mah daripada di suruh bayar slo 4..... Memding di pang belikeu kabel+ accesories listik'nya contohin we 10 ttk mah.... Untuk Indonesia yg lbh baik kitu!

    BalasHapus
  17. Saya dari jaserindo DKI,(jasa sertifikasi Indonesia.untuk pembuatan SLO tidaklah rumit dan tidak mahal....Harga resmi dari DJK,untuk daya 1300=Rp 85.000 untuk gambarnya hanya Rp.50.000
    Silakan hub 089619219153 terimakasih

    BalasHapus
  18. slo....terbit tapi gak ada petugas terkait ngecek yg penting.......ada duit lah

    BalasHapus
  19. Sy sering masang instalasi tp blum punya certificate...krn ditempat kami blom ada yg punya sertivikat...sy mau tes ntuk dpt certificate tp dmn tempat dan syaratnya apa trimakasi...

    BalasHapus
  20. Sy sering masang instalasi tp blum punya certificate...krn ditempat kami blom ada yg punya sertivikat...sy mau tes ntuk dpt certificate tp dmn tempat dan syaratnya apa trimakasi...

    BalasHapus